Sambutan Dekan Fakultas Hukum

Melalui eksistensi Fakultas Hukum Universitas OSO, kami berkomitmen untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi hukum terbaik yang mencetak para profesional di bidang hukum yang inovatif, adaptif dan berkeadaban bagi bangsa, negara serta masyarakat Indonesia. Inovatif, mahasiswa dan alumni Fakultas Hukum Universitas OSO dipersiapkan untuk menjadi ahli-ahli hukum yang dapat memahami dan  mengembangkan teori-teori hukum, menemukan masalah-masalah hukum yang ada di masyarakat serta memberikan solusi penyelesaian masalah-masalah hukum tersebut.

Adaptif, mahasiswa dan lulusan Fakultas Hukum Universitas OSO mampu mengikuti perkembangan ilmu hukum, baik pada tataran teoritis maupun praktis sehingga berdaya saing kuat di dunia kerja. Berkeadaban, mahasiswa dan lulusan Fakultas Hukum Universitas OSO dididik menjadi orang-orang yang berintegritas dan memiliki nilai moral yang baik.

Sejarah Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas OSO berdiri di Kota Pontianak di bawah Yayasan Pendidikan OSO berdasarkan Akta Yayasan OSO Nomor 01 tanggal 2 September 2015 oleh Notaris Herlina Pakpahan, S.H., dan telah disahkan dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU-0012655 AH.01.04 Tahun 2015 tanggal 7 September 2015. Dalam operasionalisasi, Fakultas Hukum Universitas OSO telah memperoleh izin pemerintah melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 172/M/2020 tanggal 31 Januari 2020. 

Fakultas Hukum Universitas OSO berdiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan tinggi hukum yang berkualitas di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia, dengan dilengkapi sarana dan prasarana bergengsi yang kelak berkontribusi secara penuh bagi pembangunan masyarakat, bangsa dan negara Republik Indonesia secara umum, serta bagi pembangunan kedaerahan di Provinsi Kalimantan Barat secara partikular. Fakutas Hukum Universitas OSO memiliki visi, misi, strategi dan tujuan untuk menjadi pusat pendidikan tinggi hukum unggulan, penggerak modernisasi dan pembaruan, serta inovator dalam kerangka peningkatan daya juang dan daya saing bangsa dan negara Republik Indonesia.

Fakultas Hukum Universitas OSO terus-menerus dikembangkan secara persisten dan  berkelanjutan menuruti tuntutan Era Industrial 4.0 yang adaptif dalam pergaulan, cepat dalam kemajuan teknologi otomatisasi dan informasi, interaktif dalam sistem globalisasi, unggul dalam ilmu pengetahuan, serta bertanggung jawab dalam pengabdian. Dengan pengembanan tugas-tugas mulia tersebut, sesuai Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia, Fakultas Hukum Universitas OSO siap melangkah menuju masa depan berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundang-undangan yang menjadi cita-cita dan kehendak seluruh insan negeri.

Struktur Prodi Hukum

Deskripsi Prodi

Tentang

Visi & Misi Prodi

Tujuan Prodi

Fakultas Hukum Universitas OSO berkomitmen dalam menciptakan lulusan hukum yang dapat berdaya saing didunia kerja. Prospek lulusan hukum berkesempatan besar untuk menduduki karir di bidang-bidang berikut :

  • Penegak Hukumyaitu lulusan hukum yang memiliki keahlian intelektualitas dan keterampilan dalam bidang penegakan hukum, melakukan pengawas hukum terhadap masyarakat, serta kemampuan dan keterampilan hukum lainnya sebagai pranata penegakan hukum di tengah masyarakat. Contoh : Hakim, Jaksa, Advokat, dan Kepolisian.
  • Praktisi Hukumyaitu lulusan hukum yang memiliki pengetahuan keilmuan hukum dalam memberikan nasehat-nasehat hukum, dan keterampilan dalam menangani permasalahan-permasalahan hukum, serta keterampilan dalam menangani dokumen-dokumen hukum dan naskah hukum. Contoh : Notaris, Konsultan Hukum, Legal Officer, Legal Drafter, dan Paralegal.
  • Penggiat Hukumyaitu lulusan hukum yang memiliki keahlian khusus dalam membantu masyarakat dengan menampung, memproses, mengelola, dan melaksanakan aspirasi masyarakat dalam memberikan pendambingan hukum. Contoh Penggiat LSM / NGO / Organisasi Non-Profit tertentu, Penggiat bantuan hukum, dll.
  • Akademisi Hukumyaitu lulusan hukum yang memiliki intelektualitas profesional sebagai pendidik dan ilmuwan yang bertugas mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan hukum dan memberikan pengabdian kepada masyarakat. Contoh : Dosen, Peneliti, dan Widyaiswara.
  • Birokrat Hukumyaitu lulusan hukum yang memiliki keahlian dalam melaksanakan produk-produk hukum seperti penyusunan dan harmonisasi hukum, serta bertugas dalam memberikan pelayanan dan pengembangan hukum dalam tertib bermasyarakat. Contoh : Biro Hukum, Diplomat, Penyuluh Hukum.
Visi
Misi

Visi Fakultas

Menjadi Fakultas Hukum Yang

Berkualitas Serta Bertaraf Internasional

 

 

Misi Fakultas

1. Melaksanakan sistem pendidikan hukum yang berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berintegritas.
2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pembangunan nasional, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Melakukan kerja sama dengan mitra-mitra potensial di bidang hukum.
4. Meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga administrasi yang berdaya saing global.

Tentang Prodi Hukum

Program Studi  Hukum Fakultas Hukum Universitas OSO bermulai dari pendirian berdasarkan Akta Yayasan OSO Nomor 01 tanggal 2 September 2015 oleh Notaris Herlina Pakpahan, S.H., dan yang telah disahkan melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU-0012655 AH.01.04 Tahun 2015 tanggal 7 September 2015. Dalam operasionalisasi, Program Studi Ilmu Hukum Universitas OSO telah memperoleh izin pemerintah melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 172/M/2020 tanggal 31 Januari 2020.

Program Studi Hukum Universitas OSO berdiri untuk menyediakan kesempatan gemilang bagi calon sarjana hukum daerah di seluruh pelosok negeri untuk memperoleh kualitas unggul di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia, baik melalui penyediaan fasilitas sarana dan prasarana yang mumpuni (with high quality and performance of facility) hingga keterampilan (with high skill and talent) yang mampu berjuang dan bersaing secara nasional bahkan global.

Kegiatan Fakultas Hukum

Pelantikan Himpunan Mahasiswa Hukum Universitas OSO

PKM Vaksin - Penyerahan Plakat Kepada Kepala Biro Auak IAIN

Sosialisasi Kejaksaan Tinggi

Jadilah Inovator Berikutnya

Universitas OSO memiliki kurikulum yang tidak hanya memberikan pendidikan dasar bagi mahasiswa tetapi mendorong mahasiswa untuk MAJU dan BERINOVASI sehingga SIAP BERSAING secara global dan SUKSES selaras dengan semangat KAMPUS MERDEKA