Tentang

Sejarah Universitas OSO

Universitas OSO digagas oleh Bapak Dr. (H.C.) Oesman Sapta. Sebagai anak negeri yang lahir di Sukadana, Kalimantan Barat, beliau memiliki mimpi untuk memajukan dunia pendidikan di tanah air. Akan tetapi, karena berbagai kesibukan, langkah pertama dari mimpi itu baru terealisasi pada tahun 2015, ialah dengan dibentuknya Yayasan Pendidikan OSO di depan Notaris Herlina Pakpahan, S.H. Akta Yayasan Pendidikan OSO yang bernomor 01 tanggal 2 September 2015 kemudian disahkan dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Nomor AHU-0012655 AH.01.04 Tahun 2015 tanggal 7 September 2015.

Ketua Umum Yayasan Pendidikan OSO, yakni Bapak Raja Okto Saptahari, kemudian membentuk Tim Penyusunan Proposal Pendirian Universitas OSO. Prof. Dr. Maswardi M. Amin, M.Pd. ditunjuk sebagai ketua tim. Beliau, bersama dengan anggota timnya, mempersiapkan dan mengusulkan borang usulan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Rupanya, proses pengusulan memerlukan waktu relatif lama. Pada akhir Januari 2020 barulah Universitas OSO mendapat izin operasional melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 172/M/2020 tanggal 31 Januari 2020. Ada lima (5) program studi yang diizinkan ialah hukum, manajemen, kimia, biologi, dan ilmu kelautan.

Setelah memeroleh izin, Yayasan Pendidikan OSO langsung melakukan persiapan operasionalisasi. Untuk mempercepat proses, Pembina Yayasan mengeluarkan Keputusan Pembina Yayasan Pendidikan OSO Nomor 07 tanggal 20 juli 2020, yang telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-AH.0 1.06- 0019152 tentang penerimaan perubahan data Yayasan Pendidikan OSO tanggal 30 Juli 2020. Perubahan terjadi pada posisi ketua umum, dari yang semula diduduki oleh Raja Okto Saptahari berganti kepada Prof. Dr. Chairil Effendy, M.S.

Melalui kepemimpinan ketua baru, Yayasan Pendidikan OSO kemudian merekrut pimpinan universitas dan fakultas (rektor, dekan, dan lain-lain) dan tenaga kependidikan; melengkapi sarana dan prasarana perkuliahan (perpustakaan, laboratorium, kantor, ruang kuliah, dan lain-lain); dan, melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk semua program studi yang ada. Saat ini, Universitas OSO telah menjalankan proses akademik: pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat untuk memenuhi visi, misi, dan tujuan yang telah dirumuskan di dalam Statuta Universitas OSO.

Sambutan Rektor Universitas OSO

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat datang di website resmi Universitas OSO Pontianak Indonesia. Universitas OSO telah berdiri sejak 31 Januari 2020. Di usianya yang sangat muda, Universitas OSO telah memiliki kampus sendiri yang nyaman dan terletak di pusat kota Pontianak. Universitas OSO hadir sebagai perwujudan kontribusi terhadap tujuan pembangunan nasional dalam mencerdaskan bangsa. Dengan sarana, prasarana, dan team work yang handal, Universitas OSO mencetak inovator-inovator muda yang dapat menjawab tantangan masa depan dalam bidang Hukum, Kelautan, Manajemen, Kimia dan Biologi. Visi Universitas OSO menjadi perguruan tinggi unggul pembentuk sarjana inovatif, adaptif, dan berkeadaban.

Inovasi dalam berbagai bidang terus kami lakukan secara berkelanjutan terutama dalam sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Selain itu, inovasi dilakukan melaui jejaring kerjasama dengan institusi perguruan tinggi (PTN/PTS), pemerintah maupun swasta baik di dalam negeri maupun luar negeri. Mari bergabung dengan Universitas OSO, baik dalam bentuk mengikuti pendidikan maupun jalinan kerjasama dalam bidang penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sambutan Ketua Yayasan Pendidikan OSO

Ummat manusia sekarang hidup dalam dunia yang berlari kencang. Perubahan, sebagian bahkan tidak dapat diprediksi arahnya, terjadi di seluruh aspek kehidupan. Masa lalu hidup manusia yang nyaman, harmonis, pasti, dan sederhana kini berganti dengan VUCA, ialah volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity. Kini, setiap saat manusia terjebak dalam ”kecemasan” yang tak terpermanai.

Kecemasan akibat adanya fluktuasi, ketidakpastian, kompleksitas, dan ketaksaan atau kemaknagandaan kehidupan sosial menuntut manusia untuk selalu unggul, inovatif, adaptif, dan sekaligus berkeadaban. Mereka yang menyandang predikat atau memiliki kompetensi tersebutlah yang mampu berselancar meraih mimpi-mimpinya di masa depan. Universitas OSO berkomitmen mempersiapkan para mahasiswa dan lulusannya memasuki dunia baru itu dengan melahirkan sarjana yang unggul, inovatif, adaptif, dan berkeadaban.

Visi

Menjadi perguruan tinggi unggul pembentuk sarjana inovatif, adaptif dan berkeadaban

Misi

Melaksanakan Tridharma perguruan tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat) sesuai dengan tuntutan zaman, nilai keadaban, dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Kalimantan Barat.

Tujuan

Melahirkan sarjana unggul, adaptif dan berkeadaban. Mendidik dengan keteladanan, Meneliti dengan kejujuran, Mengabdi kepada masyarakat dengan keikhlasan

Fasilitas dan Layanan

Perpustakaan

Perpustakaan Universitas OSO hadir sebagai fasilitas penunjang kegiatan pendidikan untuk meningkatkan literasi civitas akademika dan sebagai sumber informasi dan acuan bagi masyarakat akademik.
Waktu kunjungan UPT. Perpustakaan Universitas OSO adalah Senin-Jum’at, pukul 08.45 WIB  ̶  16.15 WIB

Laboratorium

Laboratorium Dasar dan Kelautan merupakan unit pelaksana teknis penunjang kegiatan pendidikan di Fakultas IPA dan Kelautan, Universitas OSO. 

Lokasi Strategis

Jl. Untung Suropati, No. 99 Pontianak Selatan Kalimantan Barat, 78113

Kerja Sama

Dalam upaya mewujudkan visi Universitas OSO, salah satu misi universitas adalah membangun kerja sama yang berkelanjutan dengan para mitra potensial. Sejak awal berdiri, Universitas OSO mulai bergerak membangun kerja sama dengan berbagai pihak, baik di dalam negeri maupun di luar negeri untuk menunjang peningkatan pelaksanaan Tridharma Peruguraan Tinggi. Hingga saat ini, kerja sama yang dilakukan telah membangun ikatan relasi dengan pihak mitra/stakeholder untuk bersama-sama mengembangkan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Beberapa kerjasama yang telah dibangun oleh Universitas OSO di antaranya adalah

  • Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara
    • Penandatanganan MoU 5 Desember 2020
  • Universitas Tanjungpura
    • Penandtanganan MoU 9 Maret 2021
  • Bursa Efek Indonesia
    • Penandatanganan MoU 26 Maret 2021

Penandatangan MoU dengan Kabupaten Kayong Utara

Rektor Universitas OSO bersama Rektor Universitas Tanjungpura (UNTAN) dalam Acara Silaturahmi bersama Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Gedung Rektorat UNTAN

Kunjungan PT. BEI dalam rangka mempersiapkan Galeri Bursa Efek di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas OSO